Minggu, 04 Maret 2012

Tips Magang Sukses

Saat kuliah kebanyakan mahasiswa diwajibkan atau disarankan untuk mengikuti program magang. Magang atau praktek kerja dilaksanakan untuk memberikan pembekalan mengenai dunia kerja secara praktis kepada mahasiswa dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Disinilah mereka melihat apakah ilmu yang selama ini mereka peroleh di bangku kuliah bisa diaplikasikan secara nyata dalam dunia kerja.
Walaupun seandainya program ini tidak diwajibkan bagi mahasiswa di jurusan Anda, sangat disarankan untuk tetap mengikuti magang. Selain merupakan mata kuliah dengan kredit cukup tinggi tanpa menghabiskan waktu di dalam kelas, magang memberikan pengalaman, ilmu dan network yang merupakan elemen penting membangun fondasi karir sukses. Bahkan bukan tidak mungkin,jika prestasi kerja Anda memuaskan, perusahaan tempat Anda magang berminat untuk mempekerjakan Anda ketika Anda lulus nanti.
Banyaknya benefit yang didapatkan dari magang sudah seharusnya membuat Anda mempersiapkan diri dan bersungguh-sungguh dalam menjalani hari-hari magang atau INTERNSHIP Anda. Berikut adalah beberapa tips praktis yang bisa membantu Anda memanfaatkan masa magang Anda dengan sebaik-baiknya.
1. Pastikan bahwa periode dan job description magang diatur dalam sebuah perjanjian tertulis. Dengan demikian kedua belah pihak; perusahan dan mahasiswa, tahu kapasitas masing-masing bagian.
2. Cari tahu tentang perusahaan tempat Anda magang. Lakukan riset sebanyak-banyaknya sebelum Anda mulai magang. Selain informasi dasar seperti bidang usaha, pertumbuhan bisnis, tokoh dibaliknya, dapatkan juga informasi mengenai budaya dalam perusahaan tersebut.
3. Kesan pertama sangat penting. Tahukah Anda bahwa Anda cuma butuh waktu 7 detik untuk memberikan kesan pertama bagi orang yang bertemu Anda? Perhatikan penampilan dan bahasa tubuh saat pertama kali bertemu dengan penyelia Anda; berpakaian formal, sopan, rapi dan bersih, jabat tangan dengan mantap, MAINTAIN EYES CONTACT, percaya diri, senyum dan bersahabat.
4. Tanya dan cari informasi lebih banyak. Inilah kesempatan untuk menggali ilmu lebih banyak mengenai bidang Anda dalam aplikasi nyatanya di dunia kerja. Serap pengetahuan sebanyak-banyaknya dari rekan kerja, supervisor atau atasan Anda baik melalui situasi formal seperti dalam meeting, atau melalui percakapan sehari-hari. Pastikan bahwa Anda memiliki jadwal meeting secara regular dengan penyelia Anda untuk memastikan apakah pekerjaan Anda sudah memenuhi standard atau masih ada yang harus ditingkatkan.